E-Government Adalah suatu upaya untuk mengembangkan penyelanggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik.
Penerapan E-Government:
- Pembuatan website berisi informasi lengkap & akurat
- Bersifat interaktif
- Masyarakat dapat menyampaikan pendapat dan mengawasi jalannya
- Pelayanan jasa yang lebih baik kepada masarakat
- Peningkatan hibungan antara permerintah, pelaku bisnis, dan amasyarakat umum
- Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh
- Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien
- Bagi pemerintah
- Pembuatan surat dan dokumen akan lbh mudah dan cpt
- Pencatatan kompetensi penduduk
- Pelaksaan pemerintah yang lebih efisien
- Pelacakan data dan informasi seseorang
- Bagi masayrakat
- Masarakat akan mendapatkan pelayanan yang lebih baik dgn menyediakan informasi 24jam
- Adanya, keterbukaan antara pemerintah terhadap masarakat, sehingga timbul kepercayaan terhadapat pemerintah
- Pemberdayaan masarakat melalui informasi yang mudah diperoleh
- Masarakat jga dpt memberikan informasi tentang pengaduan atau keluhan terhadap kondisi lingkungnya.
Hal - hal yang perlu diingat dalam penerapan E-Government
- Komitmen dan kesiapan dari pihak pemerintah daerah itu sendiri dalam membangun dan membutuhkan system E-Government, serta membantu dukungan dari pihak yang terkait.
- Tekad dan kemauan dari pihak menda beserta seluruh jajaranya untuk memperbaiki system administrasi (manual) yang ada saat ini.
- Keterbukaan dari pihak pemda dan seluruh jajaranya untuk menerima dan mempelajari kemajuan teknologi guna meningkatankan efisiensi dan efekivitas kerja di lingkunganya masing- masing.
- Kultur berbagi belum ada.
- Kultur mendokumentasi belum lazim.
- Langkanya sumber daya manusia yang handal.
- Infrastruktur yang belum memadai dan mahal.
- Tempat akses yang berbastas.
Aplikasi komputer di pemerintahan
- Aplikasi Kepegawaian
- Aplikasi di pemerintahan daerah
- Surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNK)
Masayakat:
- Mendapatkan informasi potensi wilayah, kependudukan dan pengembangan
- Diantaranya :
- Mendapatkan kartu identitas diri (kependudukan)
- Pengurusan berbagai perijinan
- penghitungan, pembayaran pajak dan retribusi.
Operator:
- Memasukka data ke dalam sistem dan output segala macam laporan yang diperlukan termasuk berbagai surat yang diperlukan tiap penduduk:
- KTP (Kartu Tanda Penduduk)
- KK (Kartu Keluarga)
- AK (Akte Kelahiran)
- Kualitas sistem bergantung pada kualitas kerja input data -> sistem akan bekerja dengan baik jika didalamnya terdapat data primer yang lengkap dan akurat.
Pengambil Keputusan (PK)
- Sistem harus bisa menyajikan data dalam berbagai bentuk yang diperlukan untuk memudahkan dan meningkatkan kualitas PK.
- Contoh -> perlu tidaknya pengadaan sekolah baru hanya dapat diputuskan dengan benar, apabila disajikan dengan akurat data jumlah penduduk usia sekolah dan jumlah serta jenjang sekolah yang ada.
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon