MENGENAL TIPE TABEL DI MYSQL


Pada postingan ini saya akan menjelaskan mengenai tipe tabel di Mysql karena setelah ini saya ingin membuat postingan tentang membuat relasi table pada table mysql jadi lebih alangkah baiknya saya membuat postingan penjelasan tentang tipe tabel di MySQL nah langsung saja dalam penjelasan tetang tipe tabel mysql, MySQL memiliki 3 (tiga) tipe data utama, yaitu MyISAM, InnoDB dan HEAP.
mari kita bahas terlebih dahulu tentang 3 tipe data utama
  • MyISAMTipe tabel MyISAM merupakan tipe tabel yang sederhana, stabil dan mudah digunakan. jika kita akan menyimpan data sederhana yang tidak terlalu rumit, maka gunakanlah tipe tabel ini. Kelebihan utama MyISAM adalah kecepatan dan kestabilanya, jika kita memilih tipe tabel MyISAM, maka mysql secara otomatis akan menentukan salah satu dari 3 jenis tabel MyISAM, yaitu:
    1.  MyISAM static. Jenis ini digunakan ketika semua kolom dalam tabel didefiniskan dengan ukuran yang pasti(fixed). Dengan kata lain, tidak ada kolom yang memiliki tipe seperti VARCHAR, TEXT dan BLOB. Karena Sifatnya yang fixed, maka jenis ini akan lebih cepat, aman dan stabil
    2. MyISAM dynamic. Jenis ini digunakan ketika terdapat kolom dengan tipe yang dinamis, seperti tipe kolom VARCHAR. Keuntungan utama dari jenis ini adalah ukuran yang dinamis. Jadi sifatnya lebih efektif karena ukuran data (file) menyesuaikan isi dari masing-masing kolom (field).
    3. MyISAM Compressed. Kedua jenis MyISAM, Static dan dynamic dapat dikompresi menjadi satu jenis yaitu MyISAM Comressed dengan perintah mysicamchk. tentunya hasilnya lebih kecil dari segi ukuran. Tabel yang terkomresi tidak dapat dikenakan operasi seperti INSERT, UPDATE dan DELETE.
  • InnoDBTipe tabel MyISAM merupakan tipe tabel MySQL yang mendukung proses transaksi, Tipe ini memiliki beberapa keuanggulan, antra lain:
    1. Mendukung transaksi antra tabel.
    2. Mendukung row-level-locking.
    3. Mendukung Foreign-Key Constraints
    4. Crash recovery.
  • HEAPTabel dengan tipe HEAP tidak menyimpan datanya di hardisk, tetapi menyimpan di RAM(memori). Tipe tabel ini biasanya digunakan sebagai tabel sementara(temporary). Tabel secara otomatis akan di hapus(hilang) dari MySQL saat koneksi ke server diputus atau server MySQL dimatikan
Tipe Tabel yang lain
Selain 3 tipe tabel tadi, yaitu MyISAM, InnoDB dan HEAP, MySQL juga mendukung tipe tabel yang lain, yaitu:
  1. BDB. Tipe tabel ini mirip tipe tabel InnoDB, namun menggunaanya belum maksimal.
  2. Archieve. Tipe ini tersedia sejak MySQL Versi 4.1 tipe ini digunakan untuk menyimpan tabel yang terkomresi, dimana biasanya digunakan dalam proses backup.
  3. CSV. Tipe ini digunakan untuk menyimpan data dalam bentuk file text yang dibatasi dengan koma(Delimiter). Tipe ini tersedia sejak MySQL Versi 4.1
  4. NDB Table (MySQL Cluster). Tersedia sejak MySQL Versi 4.1.
  5. Federatted (External Tables). Tipe ini tersedia sejak MySQL Versi 5.0.
 Lalu bagaimana menentukan tipe tabel tersebut di tabel ynag kita buat ? Dengan menggunakan perintah SQL saat membuat tabel kita dapat menambahkan perintah Engine=tipe_tabel di akir perintah. Contohnya sebagai berikut:
CREATE TABLE produk (
id_produk varchar(5) NOT NULL,
nm_produk varchar(30) NOT NULL,
satuan varchar(10) NOT NULL,
harga decimal(10,0) NOT NULL default '0',
stock int(3) NOT NULL default '0',
PRIMARY KEY  (id_produk)
) ENGINE=InnoDB; 
 Jika tabel sudah terbentuk, kita juga dapat mengubah tipe tabel dengan perintah ALTER.
Contih sebagai berikut:
ALTER TABLE produk engine = MyISAM
 Sekian Repost saya materi ini postingan ini saya proleh dari Achmatim.net semoga membantu kalian walaupun hanya Repost :D
Previous
Next Post »